Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Bikin Nasi Goreng Lebih Lezat dan Beraroma

Nasi goreng salah satu kuliner yang sangat populer dan sangat banyak peminatnya di Indonesia. Sebab menu ini gampang dibuat dengan bumbu ala kadarnya atau dengan kata lain cara penyajiannya tidak ribet, sehingga banyak orang yang yang menjadikan menulis sekarang ini sebagai makanan cepat saji.

Nasi goreng bisa menjadi menu yang spesial apabila dimasak dan disajikan dengan cara yang berbeda. Dan hanya dengan mengubah alur pemasukan bahan untuk pembuatan nasi goreng maka hasilnya akan menjadi spesial dan maknyus.

Berikut ini ada beberapa tips untuk membuat dan memasak nasi goreng di rumah agar menjadi lebih enak dan spesial. 


Tips ini pernah di utarakan oleh pakar kuliner William Wongso.

1. Pastikan minyak goreng sudah cukup panas

Karena minyak yang cukup panas akan memastikan nasi goreng matang dengan sempurna dan merata. Jadi, bahan-bahan apa pun tidak boleh masuk saat minyak belum cukup panas.

2. Bahan tambahan dimasak setengah matang

Masukkan bahan tambahan seperti daging ayam setelah minyak cukup panas. karena dalam tahap ini, sari pati dari daging ayam akan keluar. Angkat daging ayam setelah dimasak setengah matang.


3. Goreng kepala udang untuk menambah wangi aroma lebih sedap.

Goreng kepala udang menggunakan minyak yang sama dengan ayam agar menambah aroma lebih sedap. Setelah itu, tiriskan kepala udang lalu buang karena tidak perlu dimasukkan kedalam nasi goreng.

4. Buat telur orek, bukan telur dadar


Kocok telur sampai pecah kuning telur nya. Tidak perlu aduk telur sampai merata supaya telur orek tetap bisa dirasakan, jadi bukan oseng telur dadar.

5. Menciptakan kesan kecoklatan

Sementara biarkan telur di wajan panas selama beberapa menit, supaya terasa sedikit kosong dan warnanya menarik. Inilah yang membuat telur tetap lembut di bagian dalam  dan tetap kering di bagian luar. Hal yang sama juga berlaku untuk nasi yang telah dicampurkan ke dalam wajah. Sebarkan nasi itu lalu diamkan supaya terkesan sedikit kosong dan tidak perlu diaduk merata.

6. Bumbu dimasukkan setelah nasi, bukan di awal masak.

Tips ini dilakukan agar bumbu tidak tercampur dengan telur yang menyebabkan nasinya hanya terkena sedikit bumbu.

Jadi setelah nasi dan telur tercampur dan teraduk matang, barulah bumbu dimasukkan. Dan bumbu-bumbu ini tentunya sudah dimasak sebelumnya. Bumbu ini biasanya berupa bawang putih dan bawang merah yang dihaluskan. 

Bila anda mempunyai sisa masakan lain, semisal rendang, maka jangan dibuang. Masukkan saja bumbu rendang tersebut dicampur dengan nasi goreng.


7. Tambahkan daun mengkudu

Jika daun ini telah dibersihkan dan ditumis maka akan menambah aroma dan tekstur seperti rumput laut. Sehingga nasi goreng tersebut akan terasa lebih spesial dan maknyus..

Selamat menikmati..

Posting Komentar untuk " Tips Bikin Nasi Goreng Lebih Lezat dan Beraroma"